Senin, 14 November 2016

Sadari Bahwa Anda Cantik

"Nothing makes woman more beautiful than the belief that she is beautiful."
Sophia Loren

Tak ada yang bisa membuat seorang perempuan lebih cantik, dibanding keyakinannya bahwa dirinya memang cantik. Sebuah kalimat menarik yang diutarakan oleh Sophia Loren, seorang aktrispapan atas dunia pada masanya. Saya sepakat 100% dengan pendapat Sophia. Kecantikan terbesar memang keyakinan di dalam diri. Secantik apapun kita, jika tidak menyadari bahwa kita cantik, maka kecantikannya menjadi hambar.

Hal ini mengingatkan saya pada sebuah kejadian beberapa tahun silam. Suatu hari saya bertemu dengan sahabat pria yang membawa serta pasangannya, seorang perempuan cantik berkulit sawo matang. Matanya besar dengan bulu yang lentik, hidungnya lumayan mancung, dengan bibir yang merah merekah dipoles lipstik. Untuk ukuran orang Indonesia, tubuhnya termasuk tinggi, dibalut dress panjang yang serasi dengan rambut panjang sebahu. Spontan saya memberikan pujian tulus, tentang kecantikannya. "Anda cantik sekali,"ucap saya sambil memandangi seluruh tubuhnya. Karena memang tulus, maka otomatis bibir saya pun tersenyum plus wajah ceria.

Namun betapa kagetnya saya kemudian. Dalam sekejap, wajah saya pun berubah drastis karena terkejut. Perempuan itu merespons pujian saya dengan kalimat negatif. "Wah Anda berlebihan. Anda menghina saya ya?"

Saya menduga perempuan tersebut tidak menyadari bahwa dirinya cantik. Padahal, jika dia menyadari bahwa dirinya cantik, maka jawaban yang keluar ketika ada orang lain yang memujinya adalah... "Terima kasih" atau minimal tersipu dan menjawab, Ah Anda bisa saja..." Atau respons lain yang lebih positif.



Intinya adalah bahwa Anda harus menerima dan menyadari bahwa Anda cantik. Sehingga ketika ada pihak lain yang setuju dengan kecantikan Anda, maka Anda menerimanya. Bukan malah menolak. Ketika Anda menolak, maka saat itu juga seluruh kecantikan Anda akan luruh. Hilang tak berbekas, hehe. Tertelan oleh cara berpikir kita sendiri.

Kesadaran akan kecantikan diri ini sangat penting, seperti yang disampaikan oleh artis ternama Sophia Loren. Bahkan orang yang secara fisik tidak cantik pun, jika dia merasa cantik maka dia akan terlihat cantik. Ajaib bukan? Karena kecantikan bukan melulu hanya penampilan fisik. Jauh lebih penting dari itu adalah kecantikan yang terpancar dari dalam diri, dari hati dan pikirannya, yang terlihat nyata dalam sikap, tindak tanduk dan cara bicaranya.
"Yuk ah, move on!"

"Katakan sesering mungkin dengan yakin kepada diri sendiri: 
Saya cantik! 
Saya memang cantik!"

"Perempuan cantik adalah perempuan cantik. Tapi perempuan cantik yang punya cara berpikir cantik, adalah paduan yang sempurna."
Prabal Gurung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar